Blogger Widgets
pendidikansejarahofferingdum On Jumat, 06 Desember 2013

SILSILAH DAN SEJARAH PERJALANAN KEHIDUPAN SOSIAL KELUARGA BAPAK YASIR  PADA TAHUN 1990-2010

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
Pengantar Ilmu Sejarah
yang dibina oleh Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., dan Indah W.P. Utami, S.Pd.,M.Pd







Oleh
Fatkhur Roji
130731607258















UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
November 2013



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..................................................................1
DAFTAR ISI...............................................................................2
BAB I   PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang................................................................3
  2. Rumusan Masalah............................................................4
  3. Tujuan Penelitian.............................................................4
  4. Metode Penelitian
1.      Pemilihan Topik.........................................................5
2.      Heuristik....................................................................5
3.      Kritik.........................................................................5
4.      Interpretasi................................................................6
5.      Historiografi .............................................................6
   BAB II   PEMBAHASAN
    2.1 Sistematika silsilah dari keluarga bapak Yasir dan ibu Mujahadah..........7
    2.2  Permasalahan sosial keluarga Bapak Yasir pada  tahun 1990-2012........10
   BAB III   PENUTUP
  1. Simpulan..........................................................................13
  2. Saran................................................................................13
DAFTAR RUJUKAN................................................................14
LAMPIRAN................................................................................15




BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
  Keluarga adalah termasuk salah satu komponen kelompok unit terkecil dari suatu masyarakat. Dimana dalam suatu keluarga itu terdapat yang namanya kepala keluarga, yaitu seorang ayah yang selalu menjadi peran utama dan mempunyai fungsi yang sangat penting di dalam keluarga. Fungsi ayah dalam keluarga yaitu memberi kekuatan lahir maupun batin yaitu seperti menafkahi sehari-hari, dan juga menjadi imam dalam keluarga seperti membimbing, membina, mengarahkan dan memberi contoh yang baik terhadap anak-anaknya. Ibu juga mempunyai peran penting dalam suatu keluarga seperti mengasihi, menyayangi, dan membimbing.
Arti keluarga menurut penulis sendiri yaitu suatu kelompok kecil dari suatu masyarakat  yang terdiri dari ayah, ibu,dan anak yang selalu menjalani kehidupan bersama-sama untuk melakukan tujuan yang baik. Keluarga juga membantu menyelesaikan, ketika kita mendapat permasalahaan baik itu dari internal maupun eksternal.  Disaat itulah keluarga mempunyai peran yang paling penting bagi anak-anaknya. Diantara salah satu fungsi keluarga yaitu sebagai pendidik yang artinya mendidik kita dalam hal perilaku moral dan akhlak yang baik dalam suatu lingkungan masyarakat seperti sopan santun, saling menghargai sesama orang, menghormati yang lebih tua,  dan juga saling tenggang rasa terhadap sesama.
Keluarga juga mempunyai banyak tugas antara lain yaitu  dalam pemeliharaan fisik keluarga, yaitu memberikan perlindungan terhadap keluarganya. Yang kedua yaitu memberi bekal pendidikan yang lebih tinggi bagi anaknya, sehingga mempunyai wawasan ilmu pengetahuan yang banyak.  Yang ketiga yaitu memberi  kehidupan yang cukup yaitu dengan mencukupi kebutuhan keluarga dalam   kehidupan sehari-hari.
Dalam suatu keluarga pasti juga mempunyai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupannya. Permasalahan itu baik berupa internal maupun permasalahan eksternal. Dalam masalah tersebut harus  dihadapi dengan sifat sabar, dan ikhlas agar cepat selesai. Bukan untuk menghindari permasalahan tersebut sehingga nantinya akan menambah permasalahan dan tidak akan cepat terselesaikan.
Dalam hal ini penulis memakai topik yang berjudul sejarah perjalanan kehidupan bapak Yasir pada tahun 2000-2010. Dengan topik yang sudah dibahas tersebut, kita bisa mengambil intisari ataupun hikmahnya bagi sebuah kehidupan keluarga.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan judul dan topik yang telah ditentukan, penulis membatasi beberapa permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu sebagai berikut:
(1.)  Bagaimana sistematika silsilah dari keluarga bapak Yasir dan ibu Mujahadah?
(2.)  Bagaimana permasalahan sosial keluarga Bapak Yasir pada tahun 1990-2012?

C.    Tujuan
       Berdasarkan rumusan masalah yang telah ditentukan, tujuan penulisan makalah adalah sebagai berikut:
(1.)  Mendeskripsikan sistematika silsilah dari keluarga bapak Yasir dan ibu Mujahadah.
(2.)  Mendeskripsikan permasalahan sosial keluarga Bapak Yasir pada  tahun 1990-2012.

D.    Metode
            Penulisan karya tulis (skripsi) ini menggunakan metode penelitian sejarah (history research). Beberapa literatur mengenai metode penelitian sejarah, termasuk menurut Syamsuddin,[1]dinyatakan bahwa metode sejarah adalah bagaimana mengetahui sejarah. Seorang sejarawan harus mengetahui prosedur-prosedur dalam penelitian sejarah untuk dapat menjelaskan sebuah peristiwa sejarah.
      Secara garis besar dapat diartikan bahwa metode penelitian sejarah adalah metode yang membahas sejarah secara sistematis dan objektif yang melibatkan ruang dan waktu. Secara sederhana penelitian sejarah dapat dijelaskan dalam beberapa langkah, yaitu pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi (Kuntowijoyo, 2001:70-80).

(1.)  Pemilihan Topik
       Pemilihan topik sebaiknya digunakan dua pendekatan yakni, berdasarkan kedekatan emosional dan intelektual . Penulis dalam memilih topik yang berjudul  silsilah dan sejarah perjalanan kehidupan sosial keluarga bapak Yasir pada tahun 1990-2012. Karena penulis ingin menceritakan sejarah perjalanan hidup dan permasalahan sosial yang pernah dihadapi ataupun dijalani oleh keluarga Bapak Yasir. . Begitu banyak permasalahan yang dihadapi oleh Bapah Yasir yang sangat bagus untuk di jelaskan. Meskipun data yang diperoleh dari narasumber tidak terlalu banyak, karena tidak mau untuk menjelaskannya.

(2.)   Heuristik
Heuristik, berasal dari bahasa Yunani yaitu heuriskein yang artinya memperoleh. Heuristik merupakan proses mencari bahan atau menyelidiki sejarah untuk mendapatkan sumber.  Dalam pengumpulan data pada makalah kali ini penulis menggunakan metode wawancara kepada seorang narasumber yang  bernama Bapak Yasir dari Mojokerto, dan juga dalam pengumpulan data ini dari internet untuk lebih jelas mengenai permasalahannya.

(3.) Kritik
 Tahap penelitian sejarah selanjutnya adalah kritik. Adapun pengertian kritik yaitu pengujian mengenai kebenaran dan ketepatan atau akurasi dari sumber data.  Dalam hal ini penulis mengumpulkan data-data dari wawancara dengan  Bapak Yasir dan mengumpulkan data dari internet agar dapat dibandingkan.    Jika dari wawancara tersebut bahwasannya Keluarga Bapak Yasir menjadi korban tipu dari suatu lembaga pelaksanaan bimbingan ibadah haji. Sedangkan dari internet menyebukan bahwasannya persolahan keuangan yang dikeluhkan Calon Jamaah Haji (CJH) di bawahnya telah digunakan untuk maju pada bursa Cabup-Cawabup Mojokerto 2010-2015 lalu.

(4.) Interpretasi
  Interpretasi atau penafsiran sejarah adalah melakukan analisa dari fakta yang diperoleh dari sumber-sumber sejarah. Dari penafsiran penulis bahwasannya terjadi adanya korban tipu dari suatu lembaga pelaksanaan bimbingan ibadah haji, yang uangnya tersebut dipakai untuk maju pada bursa Cabup-Cawabup Mojokerto 2010-2015. 

(5.) Historiografi
Penulisan sejarah atau historigrafi merupakan tahap akhir dari keseluruhan proses penelitian peristiwa sejarah. Pada proses penulisan, fakta satu dihubungkan dengan fakta yang lainnya berdasarkan konsep pemikiran yang sistematis, logis, dan kronologis dengan memperhatikan pula segi kausalitas (sebab-akibat). Pada bab 1 penulis menjelaskan mengenai sisitematika silsilah dari keluarga Bapak Yasir. Sedangkan bab 2 mengumpulkan wawancara  dari perjalanan hidup dari permasalahan sosial yang dijalani oleh keluarga Bapak Yasir dan mengumpulkan data dari internet yang dapat memperkuat suatu peristiwa yang telah terjadi.







BAB II
Pembahasan

2.1 Sistematika silsilah dari keluarga bapak Yasir dan ibu Mujahadah
       Dalam suatu keluarga ada salah satu faktor yang harus di ingat yaitu tentang silsilah keluarganya masing-masing. Adapun  dari sistematika silsilah dari keluarga bapak Yasir maupun dari keluarga ibu Mujahadah dapat di jelaskan menjadi 2, yakni silsilah keluarga dari ayah dan silsilah dari keluarga ibu. Sehingga untuk lebih memudahkan dalam menjelaskan silsilah dengan lebih jelas dan detail.

A.    Silsilah Keluarga dari Ayah

                  

Adapun deskripsi dari silsilah di atas ialah, Bpk. Duriyat (kakek saya) yang datangnya dari  Desa Kepuhpandak  menikah dengan Ibu. Sajuni (nenek saya) yang  juga sama dari Desa Kepuhpandak. Dari pernikahan tersebut lahirlah anak yang pertama yaitu Ibu. Sumarning, Bpk. Sa’ali, Bpk. Yasir (ayah saya), dan Ibu. Masadah.
Anak pertama dari Bapak Duriyat adalah Ibu Sumarning, yang telah menikah dengan Bapak Saudan. Anak yang kedua yaitu Bapak Sa’ali menikah dengan Ibu Khomsah, Anak ketiga yaitu Bapak Yasir menikah dengan Ibu Mujahadah. Dan anak yang terakhir yaitu Ibu Masadah menikah dengan Bapak Rawan.
Ayah saya dilahirkan di Mojokerto pada 5 September 1958. Ayah saya ketika sekolah di bangku SD kelas 5  sudah putus sekolah, karena pada waktu itu kakek saya meninggal. Semenjak itulah Ayah saya bekerja keras untuk membantu Nenek saya yang masih hidup. Setiap hari Ayah saya selalu bekerja di Sawah. Terkadang mencari rerumputan untuk memberi makan hewan peliharaan peninggalan kakek saya yang berupa 2 ekor sapi. Dan juga kalau musim hujan ayah saya bercocok tanam padi di sawah. Di Desa saya bercocok tanam padi satu tahun hanya satu kali. Karena terbatasnya air di desa saya ketika musim kemarau, aliran air di sungai-sungai juga tidak mengalir dan juga tidak ada waduk untuk tempat penyimpanan air. Sehingga para petani di desa saya merasa kurang untuk bercocok tanam padi lagi.

B.     Silsilah Keluarga dari Ibu 
               

Adapun deskripsi dari silsilah di atas ialah, Bpk. Sundusin (kakek saya) yang datangnya dari  Desa Kauman menikah dengan Ibu. Sulikah (nenek saya) yang  datangya dari Desa Kepuhpandak. Dari pernikahan tersebut lahirlah anak yang pertama yaitu Ibu. Kulsum, Ibu. Mujahadah (ibu saya), Bpk. Kasan, Bpk. Kusenan, Ibu. Khomsaton, dan Ibu. Khusaini.
Ibu saya dilahirkan di Mojokerto pada 1 September 1963. Ibu saya pendidikannya lulus sampai SD. Setelah lulus sekolah SD Ibu saya mulai bekerja untuk membantu keluarganya. Pekerjaannya adalah petani, yang setiap harinya bekerja di Sawah. Hal tersebut dilakukan karena ekonomi keluarga yang dapat dikatakan minim dan jumlah anggota keluarga yang cukup besar.

C.    Silsilah Langsung dari Ayah dan Ibu

       

    Dari pernikahan ayah dan ibu saya lahir 2 orang anak dan  kakak saya yang bernama Musliq merupakan anak pertama yang lahir setelah usia pernikahan mencapai usia 4 tahun. Orang tua saya menikah pada tahun 19. Kakak Saya lahir pada tahun 1984 yang mana kelahiran kakak saya merupakan kelahiran yang dinanti-nantikan karena termasuk kelahiran yang pertama kalinya. Dari segi fisik kakak saya normal, dan juga mempunyai kelebihan dalam bidang berpidato. Ketika kakak saya mencari ilmu di pondok pesantren itu pernah mendapat juara 1 lomba berpidato.
 Kemudian selang 10 tahun kemudian lahirlah saya pada tahun 1994, itu merupakan anak yang kedua dan yang terakhir pula. Orang-orang banyak yang mengatakan bahwa  kami berbeda jika dilihat sepintas secara fisik, namun jika sudah tahu mengenai kami lebih banyak maka akan terlihat banyak persamaan antara kami berdua terutama dalam sifat.

           

2.2 Permasalahan sosial keluarga Bapak Yasir pada tahun 1990-2012
          Dalam suatu kehidupan dikeluarga pasti terjadi yang namanya permasalahan, baik itu internal maupun eksternal. Dalam masalah tersebut yang menjadi tuntutan paling utama yaitu kepala rumah tangga harus menyelesaikannya dengan baik. Dan juga untuk menghadapi masalah tersebut harus dibekali dengan sifat sabar agar permasalahan tersebut bisa terselesaikan dengan baik dan cepat selesai, dan jangan sampai menyelesaikan permasalahan  tersebut dengan emosional itu justru akan menambah masalah. Hal yang terpenting untuk menyelesaikan masalah yaitu dengan melakukan musyawarah keluarga dengan melibatkan semua anggota keluarga dan juga dengan dukungan adanya saling bekerja sama dalam menghapi masalah tersebut.
            Sekitar tahun 2007 bapak Yasir mendaftarkan diri di salah satu lembaga bimbingan pelaksanaan ibadah haji yaitu di KBIH Ar-Raudlah di kecamatan Mojosari, Mojokerto. Pergi haji itu merupakan hal yang paling diinginkan sejak dahulu oleh beliau. Karena ibadah haji itu merupakan salah satu rukun islam yang terakhir tetapi bagi orang yang mampu saja. Dengan semangatnya bekerja setiap hari untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk membayar biaya ibadah haji.
               Pertama kali Bapak Yasir dan Ibu Mujahadah mendaftar dengan uang muka yaitu 10.0000.000 rupiah. Ketika waktu itu biaya ibadah haji yaitu sekitar 35.000.000 per orang. Sehingga biaya ibadah haji Bapak Yasir pada waktu masih ditalangi oleh lembaga KBIH Ar-Raudlah. Dan akhirnya pada tahun 2011 keluarga bapak Yasir sudah hampir bisa melunasi biaya ibadah haji yaitu kurang lebih 55.000.000 rupiah.
                Tetapi ketika pada tahun 2011 ada kasus bahwasannya ada beberapa calon jama’ah ibadah haji yang tidak diberangkatkan oleh lembaga KBIH Ar-Raudlah. Dan itupun ada kemungkinan besar bahwa uang calon jama’ah ibadah haji dipakai untuk maju calon bupati pada periode 2010-2011. Setelah diselidiki memang benar uang calon jama’ah haji tahun 2011-2019 dipakai untuk maju calon bupati.
                Salah satu korban calon jama’ah haji yang uangnya hilang juga yaitu keluarga Bapak Yasir. Cobaan yang sedemikian beratnya diterima dengan sabar, dan itupun di kemudian harinya ada hikmahnya sendiri bagi keluarga Bapak Yasir.
                 Setelah kejadian seperti itu tidak membuat putus asa bagi Bapak Yasir untuk pergi ibadah haji. Beliau mulai menabung kembali dari nol, karena rasa keinginannya yang sangat kuat. Kemudian Bapak Yasir menjual satu petak sawah untuk dapat melunasi ongkos biaya ibadah haji. Dan akhirnya juga Bapak Yasir dan Ibu Mujahadah bisa menunaikan ibadah haji pada tahun 2012.                    
                      Ini merupakan salah satu media internet, yang memberitakan mengenai kasus adanya penyelewengan uang calon ibadah haji di KBIH Ar-Raudlah Mojokerto :

KAB.MOJOKERTO-Gus Dim Bantah Uang CJH Dipakai Maju Cabup

Pimpinan KPIH Al Roudloh, Dimyati Rosyid menampik jika persolahan keuangan yang dikeluhkan Calon Jamaah Haji (CJH) di bawahnya telah digunakan untuk maju pada bursa Cabup-Cawabup Mojokerto 2010-2015 lalu.

''Tudingan seperti itu tidak ada, saya saja tidak jadi maju buat apa uang sebanyak itu. Lagi pula, uang yang saya gunakan kemarin itu dari teman-teman di Surabaya. Buktinya, banyak JCH yang berangkat pada 2010 lalu,'' ungkapnya, Rabu (21/09/2011) tadi siang.

Gus Dim (panggilan akrab, red) berjanji akan membereskan permasalahan keuangan Calon Jamaah Haji (JCH) dibawah KPIH nya secepatnya. Pimpinan Yayasan Al Roudloh di Desa seduri, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto ini berjanji sebanyak 45 JCH tersebut akan berangkat pada 2012 mendatang.

''Mereka yang vokal ini, justru yang belum melunasi pembayaran keberangkatan ibadah haji. Pelunasannya diberikan setelah deadline pelunasan, jelas uang itu dinyatakan tidak masuk. Saya janji persoalan ini cepat selesai, mereka akan berangkat pada 2012 mendatang,'' katanya.

Masih kata Gus Dim, para CJH akan diberikan buku tabungan untuk mengetahui jumlah setoran mereka. Jika tahun 2012 mendatang, ada kenaikan biaya ibadah haji pihaknya berjanji tidak akan memungut lagi.

''Dana talangan tersebut memang harus melalui yayasan tidak bisa sendiri, karena ada prosesnya. Yayasan akan mendaftarkan para CJH ke bank di Menteri Agama dan baru Menteri Agama bisa menggeluarkan nama-nama CJH pada daftar waiting list,'' lanjutnya.

Sebelumnya, puluhan CJH dibawa KPIH Al Roudloh mendatangi KPIH pimpinan Dimyati Rosyid di Desa Seduri, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Mereka mengeluhkan tentang keberangkatan ibadah haji yang tertunda karena belum melunasi padahal menurut mereka biaya keberangkat ibadah haji mereka sudah dilunasi













BAB III   PENUTUP
  1. Simpulan
       Di dalam suatu keluarga tidak lepas dengan suatu permasalahan, baik itu internal maupun eksternal. Dan itupun harus di selesaikan oleh masing-masing keluarga dengan salah satu cara yaitu dengan bermusyawarah untuk memecahakan permasalahan tersebut
             Dalam kehidupan Bapak Yasir masalah itu datang silir berganti tetapi permasalahan tersebut bisa dijalani dengan sabar dan di selesaikan pula dengan ikhlas tanpa ada kata mengeluh dari Bapak Yasir. Masalah tersebut adalah masalah ekonomi, sosial dan lain lain.

B.     Saran
               Untuk  menghadapi sebuah permasalahan sebaiknya kita tetap sabar untuk menjalaninya dan  tidak boleh mengeluh dalam menghadapi permasalahan tersebut. Hal yang terpenting juga dalam menghadapi suatu masalah jangan sampai menghindari ataupun bersifat emosional, karena itu tidak akan membuat permasalahan cepat selesai tetapi menambah permasalahan baru.













Daftar Rujukan

Kuntowijoyo. 2001. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Syamsuddin, H. 1996. Metodologi Sejarah. Jakarta: Depdikbud.
Yasir, 55 tahun, Desa Grogol rt 01 rw 01 kec. Kutorejo kab. Mojokerto, 30 November 2013, di tempat kediaman bapak Yasir.























Lampiran

                      
 Foto Saya dan Bapak Saya ketika diwawancarai

  
Foto Saya dan Ibu Saya                                                   

              
Foto Bapak, Ibu, dan Saya

                    
Foto ketika bapak Yasir dan ibu Mujahadah pulang dari haji




[1] Helius Syamsuddin, Metodologi Sejarah, Jakarta, Depdikbud, 1996, hlm. 66.


Berhubung waktu di posting tidak ada gambarnya penulis memberi linknya : https://docs.google.com/document/d/1LJmeoYr_m6ygdtoDyE9pLoEidpaDcaS9942AhRQa2qQ/edit

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

pendidikansejarahofferingdum
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Blog Archive