Blogger Widgets
pendidikansejarahofferingdum On Jumat, 06 Desember 2013

SEJARAH KELUARGA PERANTAUAN

MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Pengantar Ilmu Sejarah
yang dibina oleh Ibu Indah Wahyu, M.Pd
Oleh :
Maya Indy Florensa (130731607241)



Logo Universitas Negeri Malang








UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
DESEMBER 2013







KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat  AllahSWT.Atas rahmat dan hidayahnya  sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini ada manfaatnya bagi pembaca,Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

                                                                                    Desember  2013












DAFTAR ISI
                                                                                                            Halaman
KATA PENGANTAR……………………………………………....             2
DAFTARISI......................................................................................              3
BAB I  PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG...................................................... 4
B.    RUMUSAN MASALAH………………………………..            4
C.    TUJUAN PENULIS MAKALAH.................................... 4
BAB II PEMBAHASAN
a.      Metode penelitian
1.     Pemilihan topik.......................................................................6
2.     Pengumpulan sumber..............................................................6
3.     Verivikasi................................................................................6
4.     Interpretasi..............................................................................6
5.     Penulisan.................................................................................6                    
1.1 awal keluarga saya merantau....................................................................6                    
 1.2 proses perantauan keluarga......................................................................7        
1.3  sukses dalam bidangnya...........................................................................10
6.     kesimpulan..............................................................................10      
7.     rujukan....................................................................................10
8.     lampiran ..................................................................................11





BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Sejarah keluarga merupakan kejadian yang di tinggalkan yang dapat di kisahkan dari keluarga tersebut. Sejarah dalam keluarga itu penting menurut saya karena dengan adannya sejarah keluarga kita dapat mengetahui tentang asal usul keluarga kita yang sekarang kini kita lihat wujudnya. Keluarga saya adalah keluarga perantau semua dan tanpa mengenal pendidikan, maksimal pendidikannya SD sampai SMA. Ibu dan ayah saya juga perantau dan paman serta kakek saya juga perantau. Dalam makalah ini saya akan menceritakan tentang keluarga saya.
RUMUSAN MASALAH
1.1  Bagaimana awal keluarga saya merantau ?
1.2  Bagaimana proses perantauan keluarga saya ?
1.3  Bagaimana sekarang bisa sukses dalam bidangnya ?
TUJUAN
1.     Untuk mendiskripsikan awal mula  keluarga saya
2.     Untuk  mendiskripsikan  perjuangan keluarga saya
3.     untuk mendiskripsikan proses sukses keluarga saya








Dalam penelitian sejarah dalam buku pengantar ilmu sejarah yang di tulis oleh bapak kuntowijoyo (2013:69-82) penelitian sejarah mempunyai 5 tahap yang akan saya pakai dalam penulisan sejarah keluarga saya.
1.     Pemilihan topik
Dalam pemilihan topik disini adalah sejarah tentang keluarga, saya mendekati setiap keluarga saya untuk meminta foto sebagai dokument atau bukti dalam penulisan sejarah keluarga saya, dan mencari arsip-arsip keluarga saya untuk memperkuat penelitian saya.
·       Kedekatan emosional , saya menggunakan kedekatan ini, saya menceritakan sejarah keluarga saya denagan mengumpulkan sumber-sumber berupa foto , dokument lainnya, tetapi tidak menggunakan wawncara sebab , tidak ada yang mendokumentasi semuannya sibuk dengan pekerjaan.
·       Kedekatan intelektual, saya tidak menggunakan metode ini, karena tidak ada buku-buku tentang sejarah keluarga saya , jadi tidak di kaji dari buku melainkan cukup dari sumber data saja.

2.     Pengumpulan sumber
Di pengumpulan sumber ini saya menemukan dokumen tertulis dan kebanyakan yang saya temukan juga artifact yang berupa foto-foto , bangunan serta saya menemukan sumber lisan dari silsilah keluarga saya , Cuma tidak berupa rekaman akan tetapi berupa pertanyaan semata.
3.     Verifikasi
Dalam saya menulis sejarah ini , saya sudah mengetahui sedikit tentang kelurga saya , jadi tinggal membenarkan dari apa yang saya tahu .
·       Kritik eksternal , saya menemukan dokument berupa surat nikah yang sudah menguning dan itu sudah menunujukkan bukti keasliannya.
·       Kritik internal,  setelah menemukan data-data yang sudah saya percaya keasliannya, jadi tidak mungkin ayah say amemalsukan surat nikahnya , yang sudah berumur tahun-tahunan.

4.     Interpretasi
Saya menjelaskan sejarah keluarga saya , tetapi di perjelas menjadi sejarah keluarga perantauan. Di mulai dari ayah saya sampai kakek, ibu dan paman-paman saya.
5.     Penulisan
Ini adalah tahap yang terakhir , dalam tahap ini setelah data semua terkumpul saatnya kita melakukan penulisan , dalam penulisan sejarah menurut kuntowijoyo kronologi sangat penting. Dalam penelitian dalam bentuk tulisan kuntowijoyo mempunyai 3 bagian yaitu
1.     Pengantar
Dalam pengantar ini harus di kemukakan permasalahan , latar belakang ( yang berupa lintasan sejarah)
2.     Hasil penelitian
Setelah kita melakukan penelitian , kita harus bertanggung jawab dan setiap yang kita tulis harus di sesuikan dengan data yang mendukung.
3.     Simpulan
Dan dari setelah semua di lakukan simpulkanlah dari bab-bab atau dari penjelasan kalian.
1.1  awal perantauan keluarga saya
awalnya keluarga bukan perantau , tetapi pedagang setelah tuntutan kondisi ekonomi yang sangat tidak mampu akhirnya memaksakan untuk merantau. Dulu kata orang jawa itu jika orang merantau pasti ujungnya sukses. Kepercayaan itulah yang di anut dalam keluarga saya, jadi di mulai dari kakek , ayah ,paman , semua merantau dan semua sukses di daerah orang. Sampai sekarang pun masih merantau dan jarang pulang ke kota kelahirannya.
1.2  proses perantauan keluaga saya
1.     kakek dari ibu
Dulu beliau tinggal di desa cendoro , tetapi dernagn faktor ekonomi yang sangat rendah kakek mencari nafkah dengna berjualan nasi di rumahnya bersama nenek. Keadaan itu berlanjut dan di rasa oleh beliau perekonomian tidak cukup , akhirnya beliau kebetulan mempunyai teman yang kerja di mojokerto , beliau mencoba menghubungi temannya , dan tanpa di sengaja beliau langsung di ajak temannya pergi ke mojokerto , beliau mengajak semua anaknya kecuali ibu saya , karena pada ssat itu ibu saya masih melanjutkan pendidikannya. Di mojokerto kakek saya bekerja sebagai buruh kayu. Pekerjaan itu di jalankan selama 4 tahun. Setelah itu keadaan nenek saya yang sakit membuat kakek saya berhenti bekerja dan memilih pergi. Setelah itu beliau menempati rumah di tretes , pandaan. Tidak lama kemudian nenek saya meninggal dengan penyakit kencing manis. Kakek saya lalu memutuska bekerja sebgai tukang kebun di salah satu filla orang cina sampai sekarang
2.      ayah
Di mulai ayah , ayah lahir pada tanggal 8 juni 1972, dulu beliau tinggal di desa leran wetan kecamatan palang kabupaten tuban.  beliau sudah tidak mempunyai bapak hanya mempunyai seorang ibu.beliau itu mendidik saya dengan caranya yang keras tetapi bebas , prinsip ayah saya saya terdidik bebas tetapi terbatas. Ayah saya hanya lulusan SD itupun berhenti di tengah jalan karena keterbatasan biaya. Dulu ayah saya anak seorang petani. Sejak tidak sekolah ayah saya sudah keluar dari keluarga dan mencari uang sendiri guna untuk kepentingan beliau, beliau bekerja sebagai pencari rumput untuk sapi orang lain dengan usia 15tahun. Pekerjaan itu di lakukan cukup lama , setelah beliau menginjak usia dewasa , beliau memeutuskan untuk merantau di kota surabaya , beliau di sana bekerja di salah satu pabrik roti. Pekerjaan itu di lakukan ayah selam 3 tahun. Setelah berlalu ayah pulang ke kampung halamannya dan membantu ayahnya kembali mengurus sawah. Tidak sampai di situ perantauan ayah. Umur 21 tahun ayah saya menikahi ibu saya , setelah menikah ayah saya melanjutkan perantauannya di surabaya di pabrik yanga sama denagn modal 10 ribu rupiah. Tetapi beliau tidak lama di sana , beliau pulang dan bekerja kembali sebagai buruh di sawah. Selang bebrapa bulan ibu saya melahirkan anak pertama yakni saya sendiri. Setelah mempunyai anak ayah saya merantau lagi di malaysia pada waktu usia saya menginjak 3 tahun. Ayah saya di malaysia culup lama, beliau pulang dan mengakhiri masa merantau setelah mempunyai adik. Sekarang beliau bekerja sebagai tukang bangunan yang gajinnya 100-150 perhari jika bebrapa rumah di bangun. Kata ayah saya beliau lebih menyukai pekerjaan ini dari pada harus merawat sawah yang perbulannya tidak tentu mendapat berapa. Biasaany jika ayah tidak ada job beliau membantu ibu di pasar.
3.     Ibu
awal perantauan ibu saat beliau lulus dari SMP ,beliau hanya menempuh pendidikan sampai SMP karena jaman dulu sekolah itu tidak terlalu penting beda sama sekarang. Beliau lahir pada tanggal 5 maret 1975 , beliau anak pertama dari lima bersaudara. Beliau juag merantau di kota orang yakni bojonegoro , bekerja di salah satu pabrik rokok disana.Pada tahun 1993 ibu saya berumur  19 menikah. Setelah menikah ibu saya tidak bekerja lagi cukup ayah yang bekerja. Sampai sekarang ibu saya bekeja di pasar untuk dagang.
4.     Paman saya
1.        Paman saya yang pertama benama moh.fauzi .Pada tahun (1987-1990) lulus dari SD / madrasah ibtidaiyah , paman saya ini lahir pada pada tanggal 20 maret 1975.paman memulai perantauan karena beliau ingin membantu perekonomian kakek , pada saat itu nenk sakit keras jadi paman merantau ke padang sumatera barat karena ajakan teman. Tanpa di duga paman di sana pertamannya membuka kedai dan menjual alat pancing sebab di sana dekat dengan pantai. Pekerjaan di lakukannya selama 2 tahun sejak itu paman menikah dengan orang sana dan menetap di sana. Kedai yang di buka sekarang di besarkan dan menjadi kedai terbesar di desannya. Penghasilan tiap bulan selalu di sisihkan untuk kakek.
2.   Paman saya yang pertama namannya hadi , paman saya yang satu ini tidak banyak ngomong , beliau ikut pindah kakek di tretes. Beliau hanya tamatan SD Keadaan ekonomi kakek dulu yang memburuk memaksakan paman untuk mengikuti jejak ayahnya menjadi perantau. Beliau pertama bekerja sebagai buruh untuk membersihkan rumah orang.pekerjaan itu tidak lam di lakoninnnya. Beliau dengan modal sedikit dan tanpa mempunyai pendidikan dan keahlian beliau nekat untuk mengadu nasibnya di kalimantan. Pada waktu di sana beliau mempunyai teman yang bekerja sebgai buruh batu bara. Terpaksa beliau menjadi buruh selama 2 tahun lamannya. Tetapi dengan kesabaran dan semangat beliau akhirnay beliau di angakat di kantornya sampai sekarang. Belaiu sudah menikah di sana dan tidak pernah kembali di tanah kelahirannya. Tetapi selalu mengirimkan sedikit rejeki buat ayahnya.
3.            Paman saya yang ketiga bernama muh nur kholis. Paman lahir  pada tanggal 2 februari 1984 di tuban Paman saya yang satu ini menempuh pendidikannya sampai SMA ,  riwayat pendidikannya : -     SD tanggal 27 februari  1997  - madrasah ibtidaiyah cendoro
-        SMP 19 juni 2000 -  Thoriqul ulum di mojokerto , trawas
-        tanggal 5 juni 2003-SMA  maarif pandaan pasuruan 
beliau mengikuti jejak dai kakak-kakaknya yang perantau. Awal perantauannya di mulai dari malaysia. Beliau di malaysia bekerja sebagai tuakng cat gedung di sana beliau cukup nyaman karena gajinnya itu lumayan besar tetapi beliau memilih untuk berhenti karena tidak menghasilkan tabungan sekali gajian sepet habisnya. Beliau di malaysia tidak lama hanya 1tahun 6 bulan. Karena beliau belum puas dengan hasiln yang di dapatnya, beliau merantau mengikuti kakak yang kedua di kalimantan. Di sana beliau bekerja di salah satu sorum mobil yang lumayan besar. Lamaran pertama beliau di terima tetapi beliau di tempatkan pada bagian lapangan. Tugas itu di jalani dengan ikhlas dan sabar oleh beliau. Dengan kerja yang penuh dengan semangat akhirnaya memperoleh hasil dan sekarang beliau sudah di angakat di dalam kantor, tidak di lapangan lagi. Sekarang beliau sudah mampu mengkontrak rumah di sana dan membeli kebun karet sebanyak 2 hektar. Beliau juga sudah menabung untuk ke depannya.
4.   Paman saya yang ke empat ini orangnya mempersusah orang. Dulu beliau itu mantan preman. Beliau lulusan SMA. Ketika masih remaja beliau menjadi preman , suka denagn minum-minuman keras dan berkelahi, sampai di suatu saat beliau pernah masuk penjara gara-gara mengkroyok anak di bawah umur dan gara-gara mencuri. Beliau masuk penjara sebanyak dua kali. Berakhirnya kenakalan beliau saat beliau di suruh bekerja dan manikah.  Pertama beliau bekerja sebagai tukang bangunan , tetapi pekerjaan itu kurang untuk mencukupi hidupnya. Beliau berganti profesi mengikuti kakaknya , dan merantau di kalimantan bekerja sebagai kuli batu bara. Pekerjaan iru di lakukan Cuma 3 bulan lalu kembali pulang. Umur 24 beliau menikah dengan orang magetan jawa tengah. Sejak pernikahannya itu beliau berhenti nakal-nakalan dan bertanggung jawab atas pernikahannya. Beliau lalu bekerja sebagai buruh di pabrik semen gresik sampai sekrang.
Saya sendiri adalah satu-satunya cucu perempuan kakek saya. Saya sangat di sayang oleh beliau, sampai saya bisa kuliah karena beliau. Pokoknya saya harus berpendidikan tinggi dan menyenangkan hati orang tua saya itu kata kakek saya. Saya lulus Sd tahun 2007 dan lulus SMP 2010 , selanjutkan saya sam kakek saya di suruh sekolah yang mengandung agama , saya di sekolahkan di madrasah aliyah negeri tuban , dan lulus tahun 2013
Ada salah satu wanita tua yang mengasuh paman-paman saya sewaktu kecil, itu adalah nenek saya, sebenarnya bukan nenek tetapi berhubung beliau tidak mempunyai anak jadi semua keluargannya di anggap anak dan di rawat oleh dia. Saya menemukan sumber lisan dari nenek saya. Beliau bercerita dari ujung awal sampai sekarang , dan akhirnya saya dapat menyimpulkan sendiri. Sewaktu paman saya sukses semua beliau tidak lupa dengan jasa nenek saya.  Paman saya tetap selelu memberi kabar tentang keadaan di sana. Nenek saya berharap paman-paman saya bisa pulang dengan membawa anak-anak mereka.


1.3. bagaimana sekarang bisa sukses dalam bidangnya
Ayah saya melakoni pekerjaan sebagi tukang bangunan alesannya karena beliau setip harinnya memperoleh uang 100 ribu sampai 150 ribu , itu setiap harinnya. Sedangkan jika beliau hanya mengandalkan sawah beliau setiap bulan harus menunggu panen dan itu tidak pasti hasilnya. Jika di bandingkan dengan pekerjaanya sekarang beliaun memang lebih senang , jika satu rumah sudah di selesaikan , beliau langsung pindah ke rumha yang lain. Tetapi kelemahan pekerjaan ayah saya adalah jika tidak ada rumah yang ingin di bangun, tetapi biasannya jika ayah tidak bekerja, beliau membantu ibu berdagang di pasar. Kalau paman-paman saya menjadi sukses sekarang karena mereka bekajar dari pengalaman , setiap mereka mendapat pekerjaan , mereka tidak langsung menyukai dan menerima , mereka mencari pengalaman dan dengan kesugguhan serta semangat kerja paman-paman saya sukses di perantauan masing-masing. Dan berkat allah SWT.
KESIMPULAN
Jadi dari keluarga saya semua di muali dari perantauan bisa sukses , tetapi saya tidak mengikuti jejak mereka, perjuangan ayah saya serta ibu dan paman-paman saya bisa menjadikan pelajaran buat saya , bahwa hidup itu penuh perjuangan jika ingin sukses. semua keluarga saya yang pendidikannya rendah tidak ingin saya mengikuti jejak mereka, oleh karena itu saya di suruh kuliah dan sukses akhirnya.
RUJUKAN
Kuntowijoyo, 2013. pengantar ilmu sejarah. jogja : tiara kencana








LAMPIRAN
Ini adalah foto ijasah saya SD sama SMA
 ini ijasah ibu saya SMP
Ni adalah Ijasah paman-paman saya
               ini akta nikah ayah dan ibu


Ini nenek saya  dan ayah saya
  
Ini adik saya dan ibu saya
  


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

pendidikansejarahofferingdum
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Blog Archive