Blogger Widgets
pendidikansejarahofferingdum On Sabtu, 07 Desember 2013

SEJARAH KISAH CINTA”NGATU” DIMASA LALU


MAKALAH


Untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pengantar Ilmu Sejarah
Yang dibina oleh Ibu Indah Wahyu,M.Pd.


Oleh
Hoirul Soleha Ningsih
130731607246










UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
                                                        JURUSAN SEJARAH
PROGRAM STUDI  S1 PENDIDIKAN SEJARAH
 Desember 2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT.Karena atas segala karunia dan hidayahnya,penulis dapat menyelesaikan tugas mata Pengantar Ilmu Sejarah membuat makalah yang berjudul”Sejarah Kisah Cinta Ngatu di Masa Lalu”ini dengan baik dan benar.

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Ilmu sejarah,yang di dalamnya membahas tentang Sejarah Kisah Cinta Ngatu di Masa Lalu.Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam pembuatan makal ini masih banyak ditemukan kekurangan,oleh karenanya kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan dalam menyempurnakan makalah ini.



Malang,Desember 2013




BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
        Kehidupan Cinta seseorang boleh jadi merupakan suatu istilah yang sulit untuk di batasi, cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Kisah cinta merupakan pengalaman menarik bagi orang yang pernah mengalaminya, di dalam setiap diri manusia terdapat sumber yang menggerakkan untuk berbuat atau bertingkah laku termasuk untuk mencintai dan dicintai.
      Ngatu mengenal Mistri ketika pindah dari desa lumbang kec.PROBOLINGGO,  pada saat itu Ngatu pindah kerja untuk penetapan sebagai PNS di Desa Ranuwurung(KERAKSAAN). Karena Ngatu tidak mempunyai satupun kerabat di Desa ranuwurung(KERSKSAAN), kemudian Ngatu mencari kos-kosan, dan akhirnya ngatu menemukan kos-kosan yang nyaman menurut Ngatu,  Kebetulan pemilik kos-kosan begitu ramah dan baik.
       Setahun di desa Ranuwurung(KERAKSAAN), Ngatu mulai akrab dan dianggap saudara oleh pemilik kos-kosan, pemilik kos mulai bercerita tentang seorang wanita pesantren yang bernama Mistri.mendengar cerita itu ngatu penasaran dengan seorang yang bernama Mistri, dan Ngatu meminta ibu kos mengenalkanya dengan Mistri, akhirnya ibu kos mengajak mistri kerumahnya dan kemudian mempertemukan Ngatu dengan Mistri.
      Mengenal Mistri sebagai wanita yang baik, ramah, dan sholeha. Ngatu mulai tertarik dan akhirnya suka kepada Mistri, namun nasib berkata lain, Ngatu mendengar bahwa            Mistri sudah mempunyai Tunangan, dan hal tersebut benar. Namun Ngatu tidak begitu saja percaya dengan Gosip tersebut, dan Ngatu menanyakanya langsung kepada Misti, dan menjawab bahwa berita tentang tunangan itu banar adanya. Ngatu berusaha menerima kenyataan tersebut, dan tetap ingin memperjuangkan cintanya. Ngatu mengungkapkan perasaanya kepada Mistri,dan kebetulan Mistri juga mempunyai perasaan yang sama bahwa dia juga mencintai Ngatu.
      Mistri mengalami kebingungan setelah pertemuan itu,dan memikirkan perasannya beberapa hari, Mistri berfikir dan bingun siapa yang harus dia pilih,  tunanganya yang Cuma petani atau Ngatu yang seoran PNS. Setelah pikiran panjangnya Mistri nekat memilih ngatu yang baru dia kenal beberapa bulan, dia memilih Ngatu dengan alasan cinta dan ekonomi karena Ngatu seorang PNS di desanya, yang nantinya kebutuhannya akan tercukupi jika dia menikah dengan Ngatu. Mistri memutuskan berbicara kepada orang tuanya bahwa Mistri ingin memutuskan pertunanganya,dan memilih ngatu seorang PNS, dan orang tua Mistri menyetujui pilihan anaknya, kemudian Mistri mengirimkan surat tentang pembatalan pertungan kepada tunangannya. Tunangnya merasa sakit hati tentang surat itu, dan tunanganya menyetujui pembatalan itu. Akhirnya  Ngatu dan Mistri dapat bersatu dan mejalin pernikahan sampai sekarang dan mempunyai tiga orang anak.
     
2.Rumusan Masalah

1.      Bagaimana sejarah awal mula Ngatu mengenal mistri ?
2.      Bagaimana penyebab Ngatu bisa jatuh cinta kepada Mistri  ?
3.      Bagaimana Proses Mistri akhirnya menerima Ngatu ?
                                                       
3.Tujuan
1.      Menjelaskan awal mulanya Ngatu mengenal Mistri
2.      Menjelaskan penyebab Ngatu bisa jatuh cinta kepada Mistri
3.      Menjelaskan proses  Mistri akhirnya menerima Ngatu

4.Metode
1.Pemilihan Topik
            Ngatu merupakan laki-laki yang pernah mengalami kisah cinta,kisah cinta itu terjalin di desa Ranuwurung(KERAKSAAN). Maka dari itu untuk mengetahui sejarah kisah cinta Ngatu dengan Mistri di masa lalu seperti, Kehidupan kisah cinta manusia lainya. penulis mencoba membahas awal mula Ngatu mengenal Mistri di desa Ranuwurung(KERAKSAAN), bagaimana Ngatu bisa jatuh cinta kepada mistri, dan proses Mistri akhirnya menerima Ngatu.

1.Kedekatan Emosional
Untuk keabsahan makalah ini,penulis mencari sumber-sumber,baik primer maupun sekunder.pemilihan topik ini bertujuan agar masyarakat,khususnya pembaca.lebih menghargai dan lebih memahami cinta terhadap orang lain. Hal tersebut menarik untuk dibahas. Oleh sebab itu pemilihan topik yang akan saya bahas adalah sejarah kisah cinta Ngatu di masa lalu.

2.Heuristik
Pengumpulan data dan sumber-sumber yang sesuai dengan topik pembahasan sumber primer didapat penulis dari mewawancarai Ngatu yang merupakan seseorang PNS di desa Ranuwurung(KERAKSAAN) dan merupakan sumber utama yang terlibat langsung didalamnya. Dan sumber sekunder yakni Maktik, yang merupakan kakak kandung dari Ngatu  untuk pembandingan dan pendukung dari sumber primer.

3.Kritik

1.Kritik Esternal
Dari sumber primer yaitu Ngatu memang mengaku benar, tentang kisah cintanya di masa lalau, bagaimana Ngatu mengenal Mistri, bagaimana Ngatu bisa jatuh cinta kepada Mistri, dan proses Mistri menerima Ngatu.

4.Interpretasi
Dari data-data atau fakta-fakta yang saya dapat melalui wawancara baikdengan sumber primer maupun sekunder dapat saya interpretasikan bahwa, cintanya terjalin pada saat dia pindah  ke Desa ranuwurung(KERAKSAAN) untuk pengangkatan sebagai PNS. Ngatu dapat mengenal mistri berkat bantuan ibu kosnya, dan kemudian Ngatu jatuh cinta kepada mistri karena baik, ramah, dan sholeha. Sehingga akhirnya ngatu dipilih sebagai pilihan hati Mistri  karena faktor ekonomi, yaitu karena Ngatu PNS, dan Mistri membatalkan pertunangannya dengan se orang petani di Desanya.

5.Historiografi
Dalam historiografi penulis memulai dengan Bab 1 yaitu pendahuluan, pendahuluan ini berisi latar belakang, rumusan maslah, tujuan serta metode-metode sejarah. Kemudian dilanjutkan Bab 11 yaitu pembahasan, pembahasan ini merupakan inti makalah, tepatnya jawaban dari rumusan masalah yang akan dibahas lebih detail mengenai historiografi ini. Dan yang  terakhir Bab 111 penutup yaitu berisi kesimpulan dan saran dari pembahasan.
BAB II
PEMBAHASAN

1.      Sejarah Awal Mula Ngatu mengenal Mistri
Ngatu mengenal Mistri ketika pindah dari desa lumbang kec.PROBOLINGGO, pada saat itu Ngatu pindah kerja untuk penetapan sebagai PNS di Desa Ranuwurung(KERAKSAAN). Karena Ngatu tidak mempunyai satupun kerabat di Desa ranuwurung(KERSKSAAN), kemudian Ngatu mencari kos-kosan, dan akhirnya ngatu menemukan kos-kosan Di Dsa ranuwurung(KRAKSAAN) yang nyaman menurut Ngatu, Kebetulan pemilik kos-kosan begitu ramah dan baik.
       Setahun di desa Ranuwurung(KERAKSAAN), Ngatu mulai akrab dan dianggap saudara oleh pemilik kos-kosan, pemilik kos mulai bercerita tentang seorang wanita pesantren yang bernama Mistri.mendengar cerita itu ngatu penasaran dengan seorang yang bernama Mistri, dan Ngatu meminta ibu kos mengenalkanya dengan Mistri,akhirnya ibu kos mengajak mistri kerumahnya dan kemudian mempertemukan Ngatu dengan Mistri, Sejak itu  Ngatu  tertarik kepada Mistri.

2.      Penyebab Ngatu bisa jatuh cinta kepada Mistri   
 Mengenal Mistri sebagai wanita yang baik, ramah, dan sholeha. Ngatu mulai tertarik, penasaran dan akhirnya suka kepada Mistri, namun nasib berkata lain, Ngatu mendengar bahwa         Mistri sudah mempunyai Tunangan, dan hal tersebut benar. Namun Ngatu tidak begitu saja percaya dengan Gosip tersebut, Ngatu mengirim surat untuk bertemu dengan Mistri.Akhirnya Ngatu dan Mistri bertemu, dan Ngatu menanyakanya langsung kepada Misti, apakahah benar apa yang diomongkan orang-orang, dan Mistri menjawab bahwa berita tentang tunangan itu banar adanya.Ngatu berusaha menerima kenyataan tersebut, dan tetap ingin memperjuangkan cintanya terhadap Mistri dan. Ngatu nekat mengungkapkan perasaanya kepada Mistri,dan kebetulan Mistri juga mempunyai perasaan yang sama bahwa dia juga mencintai Ngatu.



3.      Proses Mistri akhirnya menerima Ngatu ?
Mistri mengalami kebingungan setelah pertemuan itu,dan memikirkan perasannya beberapa hari, Mistri berfikir dan bingun siapa yang harus dia pilih,  tunanganya yang Cuma petani atau Ngatu yang seoran PNS. Setelah pikiran panjangnya Mistri nekat memilih ngatu yang baru dia kenal beberapa bulan,  dia lebih memilih Ngatu dengan alasan cinta dan alasan ekonomi, karena Ngatu seorang PNS di desanya, yang nantinya kebutuhannya akan tercukupi jika dia menikah dengan Ngatu. Sedangkan tunanganya Cuma seorang petani di Desanya.  Mistri memutuskan berbicara kepada orang tuanya bahwa Mistri ingin memutuskan pertunanganya, dan memilih pilihan hatinya yaitu Ngatu seorang PNS, dan orang tua Mistri menyetujui pilihan anaknya, kemudian Mistri mengirimkan surat tentang pembatalan pertungan kepada tunangannya. Tunangnya merasa sakit hati tentang surat itu, dan tunanganya menyetujui pembatalan itu. Akhirnya  Ngatu dan Mistri dapat bersatu dan mejalin pernikahan sampai sekarang dan mempunyai tiga orang anak dengan hasil pernikahanya dengan Ngatu.
     


                                                                
                    














BAB III
PENUTUP


1.      Kesimpulan
Ngatu mengenal Mistri ketika pindah dari desa lumbang kec.PROBOLINGGO,  pada saat itu Ngatu pindah kerja untuk penetapan sebagai PNS di Desa Ranuwurung(KERAKSAAN). Karena Ngatu tidak mempunyai satupun kerabat di Desa ranuwurung(KERSKSAAN), kemudian Ngatu mencari kos-kosan, dan akhirnya ngatu menemukan kos-kosan yang nyaman menurut Ngatu,  Kebetulan pemilik kos-kosan begitu ramah dan baik. Ibu kos bercerita tentang seorang gadis dari pondok pesantren, yang bernama mistri. Kemudian mereka dipertemukan.
Mengenal Mistri sebagai wanita yang baik, ramah, dan sholeha. Ngatu mulai tertarik, penasaran dan akhirnya suka kepada Mistri, namun nasib berkata lain, Ngatu mendengar bahwa         Mistri sudah mempunyai Tunangan, dan hal tersebut benar. Namun Ngatu tidak begitu saja percaya dengan Gosip tersebut, Ngatu mengirim surat untuk bertemu dengan Mistri.Akhirnya Ngatu dan Mistri bertemu, dan Ngatu menanyakanya langsung kepada Misti, apakahah benar apa yang diomongkan orang-orang, dan Mistri menjawab bahwa berita tentang tunangan itu banar adanya.Ngatu berusaha menerima kenyataan tersebut, dan tetap ingin memperjuangkan cintanya terhadap Mistri dan. Ngatu nekat mengungkapkan perasaanya kepada Mistri,dan kebetulan Mistri juga mempunyai perasaan yang sama bahwa dia juga mencintai Ngatu.
setelah pertemuan itu Mistri memikirkan perasannya beberapa hari, Mistri berfikir dan bingun siapa yang harus dia pilih,  tunanganya yang Cuma petani atau Ngatu yang seoran PNS. Setelah pikiran panjangnya Mistri nekat memilih ngatu yang baru dia kenal beberapa bulan,  dia lebih memilih Ngatu dengan alasan cinta dan alasan ekonomi, karena Ngatu seorang PNS di desanya, yang nantinya kebutuhannya akan tercukupi jika dia menikah dengan Ngatu. Sedangkan tunanganya Cuma seorang petani di Desanya.  Mistri memutuskan berbicara kepada orang tuanya bahwa Mistri ingin memutuskan pertunanganya, dan memilih pilihan hatinya yaitu Ngatu seorang PNS, dan orang Mistri menyetujui pilihan anaknya, kemudian Mistri mengirimkan surat tentang pembatalan pertungan kepada tunangannya. Tunangnya merasa sakit hati tentang surat itu, dan tunanganya menyetujui pembatalan itu. Akhirnya  Ngatu dan Mistri dapat bersatu dan mejalin pernikahan sampai sekarang dan mempunyai anak dengan hasil pernikahanya dengan Ngatu.

2.      SARAN
Kisah cinta dalam kehidupan seseorang janganlah dianggap  remeh, ketika cinta hadir dan tumbuh didalam kehidupan atau hati seseorang, maka tidak akan mudah bisa hilang dan mudah untuk dilupakan. Dengan mengetahui sejarah kisah cinta seseorang, maka kita nantinya akan lebih bisa menghargai dan memahami arti cinta dalam dikehidupan.

     


                                                                
                    



















DAFTAR RUJUKAN


NARA SUMBER

NAMA                  : NGATU
TTL                       : 3 NOVEMBER 1959
PEKERJAAN       : PNS
STATUS               : MENIKAH
ALAMAT             : DUSUN KRAJAN RT 012/RW 003 DESA LUMBANG KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO

NAMA                  : MAK TIK
TTL                       : 1 JULI 1938
PEKERJAAN       : IBU RUMAH TANGGA
STATUS               : MENIKAH
ALAMAT             : DUSUN KRAJAN RT 012/RW 003 DESA LUMBANG KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO
                       










           
                                                           



LAMPIRAN
           
            *FOTO BERSAMA NARA SUMBER





*FOTO BERSAMA NARA SUMBER

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

pendidikansejarahofferingdum
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Blog Archive