Blogger Widgets
pendidikansejarahofferingdum On Minggu, 08 Desember 2013



KISAH CINTA DAN PERJALANAN HIDUP IBU RIADA
MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Pengantar Ilmu Sejarah
yang dibina oleh Ibu Indah Wahyu, M.Pd
oleh
Nurul iswati
130731607251


 




UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
Desember 2013


BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Setiap orang memiliki kisah cinta, cinta tidak hanya pada lawan jenis saja, tapi cinta juga terjadi pada teman sebaya, ataupun kepada ayah dan ibu, setiap individu berbeda pengalamanya tentang kisah cinta mereka, ada yang berkata kisah cinta itu menyenangkan, ada juga yang berkata kisah cinta itu menyedihkan, ini semua tergantung individu yang merasakan cinta itu seperti apa. Seperti yang di alami ibu riada, kisah cintanya sangat menyenangkan tapi di tengah perjalanan rumah tangganya kisah cinta itu menyedihkan.
Perjalanan hidup seseorang berbeda satu sama lain. Perjalanan hidup akan menjadi bermakna jika dalam perjalanan hidup mereka selalu di karunia kebahagiaan. Orang akan mengatakan bahwa perjalanan hidupnya menyedihkan, jika orang tersebut tidak merasakan kebahagiaan
Kisah cinta dan perjalanan hidup seseorang tidak akan terlupakan oleh dirinya sendiri, atau bahkan oleh orang lain, jika orang tersebut menjadi tokoh yang penting dan disenangi dalam lingkungan masyarakat,  kisah cinta dan perjalanan hidup membutuhkan perjuangan dan pengorbanan






B. rumusan masalah
1. bagaimana kisah cinta yang di alami ibu riada ?
2. bagaimana perjalanan ibu riada saat masih lajang ?
3. bagaimana perjalanan hidup ibu riada setelah menikah ?

C. tujuan masalah
1. untuk menjelaskan kisah cinta ibu riada
2. untuk menjelaskan perjalanan hidup ibu riada saat masih lajang
3. untuk menjelaskan perjalanan ibu riada setelah menikah

D. metode
1. pemilihan topik
            Penulis memilih topik yang berjudul kisah cinta dan perjalanan hidup ibu riada, karena penulis ingin mengetahui sejarah kisah cinta dan perjalanan hidup ibu riada, banyak permasalahan kisah cinta dan perjalanan hidup ibu riada yang menarik untuk di jelaskan.
2. Heuristik
penulis menggunakan metode wawancara, sumber primer dengan ibu riada yang merupakan sumber utama yang terlibat langsung, dan sumber skunder yanki jumaida dan yang merupakan kerabatnya. penulis mengumpulkan data dari wawancara kepada ibu riada dan ibu ijumaida, agar bisa  di bandingkan dan pendukung dari sumber primer.
3. Kritik
(a.) kritik eksternal
            dari narasumber yaitu ibu riada menceritakan bahwa kisah cintanya dulu menyenangkan, tetapi sekarang tidak lagi kana suaminya yang pernah selingkuh. Perjalanan hidupnya membutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang begitu menyiksa dirinya.

(b.) kritik internal
            Dari wawancara yang dilakukan penulis kepada ibu riada, suaminya bekerja di luar jawa, kemungkinan besar kalau suaminya selingkuh, karena jauh dari istri dan anak-anaknya.
4. Interpretasi
            Dari sumber primer ataupun sumber skunder yang saya dapat, saya dapat menginterpretasikan bahwa kisah cinta yang dialami iu riada awalnya menyenangkan, akan tetapi saat ibu riada mengetahui kalau suamunya selingkuh dan menghianatinya, ibu riada merasakan bahwa kisah cintanya menyakitkan, gaya hidup ibu riada yang dulu berlebihan, kini ibu riada mulai menghemat, karena kemosrotan keuangan keluarganya yang di sebabkan oleh perselingkuhan suaminya.
5. Historiografi
            Dalam historiografi penulisan makalah keluarga ini, pada bab 1 terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan masalah, dan metode sejaarah dalam bab 1 ini menjelaskan tentang gambaran umum tentang masalah topik yang dibahas, pada bab 2 menjelaskan tettang keseluruhan topik yang bibahas.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. kisah cinta yang dialami ibu riada
            Ibu riada adalah seorang ibu rumah tangga yang berusia 38 tahun,  saat ibu riada ini masih remaja, beliau tidak pernah pacaran, karena kehidupannya waktu itu tidak memungkinkan untuk mempunyai pacar, jangankan untuk pacaran untuk bermainpun beliau tidak mempunyai waktu, karena pada waktu beliau harus membantu kedua orang tuanya berjualan, saat ibu riada berumur 16 tahun,ibu riada bekerja di pabrik sepatu. Karena usianya yang sudah menginjak 16 tahun, ibu riada dijodohkan oleh kedua orang tuanya dengan seorang laki-laki bernama isman, isman ini dulunya bekerja sebagai pegawai bank, tetapi sekarang bapak isman bekerja sebagai pedagang di luar jawa tepatnya daerah makassar
            Selama remajanya ibu riada tidak pernah merasakan suka pada seorang laki-laki, bapak isman adalah cinta pertama ibu riada, saat menikah dengan bapak isman inilah ibu riada merasakan cinta
2.2.  perjalanan hidup ibu riada sebelum menikah
            Ibu riada ini adalah anak pertama dari enam bersaudara, ibu riada menempuh pendidikan sekolah dasar di sekolah dasar kutorejo, beliau hanya tamat pendidkan sekolah dasar, karena faktor ekonomi kedua orang tuanya yang tidak mencukupi  membuat beliau tidak melanjutkan sekolahnya. Ibu riada ini sebelum berangkat sekolah beliau selalu pergim kesawah utuk mengirim bapaknya yang membuat batu bata di sawah. Sedangkan ibunya bekerja sebagai penjual sayur di pagi hari. Sebelum berangkat sekolah ibu riada harus menyelesaikan semua pekerjaan rumah sendiri, mulai dari memasak, mencuci, dan mengurus kelima adiknya sendirian.
            Sepulang sekolah ibu riada harus  mencari kayu bakar untuk persediaan memasak besok pagi, setelah itu ibu riada berjualan makanan keliling desa, dan kemudian membantu bapaknya membuat batu bata di sawah sampai magrib, ibu riada baru pulang dari sawah. Ibu riada tidak pernah merasakan bermain dengan teman-teman sebayanya, bahkan untuk belajar mengaji di TPQ ibu riada tidak mempunyai waktu.waktunya tersita untuk membantu kedua orang tuanya bekerja,  menghidupi dan membiayai adik-adiknya sekolah. Meskipun setelah lulus SD beliau bekerja sebagai buruh pabrik, di pabrik sepatu. Beliau tetap membantu kedua orang tuanya.
2.3. Perjalanan hidup ibu riada sesudah menikah
            Menikah itu adalah tujuan hidup semua orang. Pada  dasarnya semua orang pasti akan menikah, mereka pasti akan memilih pasangan yang sempurna. Menikah itu menyatukan dua perbedaan agar saling melengkapi.
            Setelah menikah ibu riada tidak lagi bekerja dipabrik, karena suaminya tidak mengizinkan, suami ibu riada bekerja sebagai pedagang di daerah luar jawa, setelah menikah suami ibu riada berangkat kerja ke makassar selama 6 bulan. Selama 6 bulan itu ibu riada juga bekerja menjual makanan seperti, pepes ikan, sayur, pepes tahu dll. Setelah 6 bulan suami ibu riada pulang. Suami ibu riada tidak lagi bekerja di luar jawa, dengan alasan karena sekarang sudah mempunyai istri, ibu riada dan suaminya mulai bekerja membuat genting. Awalnya ibu riada dan suaminya tidak mempunyai modal sama sekali, mereka di pinjami salah satu kerabatnya untuk modal. Mulai dari modal hutang itu ibu riada dan suaminya bekerja sendiri membuat genting, agar bisa membangun rumah sendiri. Ibu riada juga termasuk perempuan yang dapat mengatur keuangan sehingga uang yang terkumpul sedikit demi sedikit bisa dibuat membangun rumah. Ibu riada bekerja membuat genting dari tahun....... sampai tahun 2000. Tahun 2000 mereka berhenti tidak membuat genting, dengan alasan harga genting turun drastis dan pembelinya juga jarang. Keadaan seperti ini suami ibu riada terpaksa harus kembali ke makassar untuk berdagang.
            Dua tahun ibu riada tidak mempunyai anak, setelah diperiksa ke dokter ternyata kandungan beliau lemah, sehingga setiap bulanya beliau harus pergi ke dokter untuk pengobatan, tetangganya menyarankan agar setiap jumat legi meminum degan ijo, ini juga dilakukan ibu riada. Sampai ahirnya beliau positif hamil pertama. Anak pertama beliau perempuan kelahiran anak pertama pada tahun 1995, kelahiran anak pertama ini hidup ibu riada dan suaminya sangat susah, suaminya sering mengamuk dan membanting benda yang ada di depanya, ini dikarenakan suaminya terlalu capek bekerja sehingga emosian.
            Anak kedua ibu riada lahir pada tahun 2000, anak kedua ibu riada juga perempuan. kelahiran anak kedua ini membuat suami ibu riada kembali bekerja dimakassar dengan alasan kebutuhan ekonomi yang bertambah dan  penghasilan yang kurang. Dari sini kehidupan ibu riada dan keluarganya berubah, dari hasil suaminya yang bekerja di makassar, ibu riada bisa membeli beberapa sawah dan tanah. Ibu riada juga bisa menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi. Sampai sekarangpun suami ibu riada masih bekerja dimakassar.
            Keluarga ibu riada pernah ditimpa masalah yang sangat besar. Pada waktu itu suaminya ketahuan selingkuh dengan orang palopo. Hal ini yang membuat geger keluarga ibu riada dan anak pertama ibu riada yang pada waktu itu duduk di bangku kelas 2 SMA menerti kalau ayahnya selingkuh, sejak saat itu anak pertamanya tidak pernah mendengarkan kata-kata ayahnya, dan dia menjadi tidak peduli dengan masalah ayahnya.
            Selama setengah tahun suami ibu riada tidak kemakassar lagi, karena masalah perselingkuhan itu. Tetapi suaminya berjanji pada ibu riada dan anak-anaknya. Untuk tidak berhubungan lagi dengan selingkuhanya. Dan sejak itu  suaminya kembali bekerja  kemakassar sampai sekarang ini.





BAB III
Penutup
3.1. kesimpulan
            Dalam kisah cinta ibu riada, menikah itu tidak harus pacaran dulu,meskipun awalnya tidak kenal dan tidan cinta, cinta bisa tumbuh setelah menikah. Dalam perjlanan hidup ibu riada tidak selamanya ada diatas dan hidup mewah, ada saatnya ibu riada susah dan berjuang
3.2 saran
            Kehidupan seseorang tidak selamanya menyenangkan, ada waktunya susah dan harus berjuang untuk bangkit kembali, kehidupan seseorang akan lebih baik jika orang tersebut berbakti pada kedua orang tuanya, dan mengorbanhkan masa remajanya untuk kepentingan keluarganya.

                                                 








Daftar rujukan

Hariyono.1995. Mempelajari sejarah secara efektif. Malang: pustaka jaya
Narasumber 1
Nama: Riada
Tempat/tanggal lahir: Mojokerto,10 Oktober 1975
Pekerjaan: wiraswasta
Status: menikah
Alamat: Dsn.jurang sari, Desa. Belahan tengah, kec. Mojosari
Pertanyaan terkait wawancara:
Bagaimana kehidupan ibu sewaktu remaja ?
Dulu waktu ibu masih remaja itu, kurang bergaul dengan teman-teman sebaya ibu, ibu sibuk membantu kedua orang tua ibu bekerja, sebenarnya ibu ingin sekali bisa bermain dengan teman-teman ibu, tapi bagaimana lagi nak, orang tua ibu tidak mengizinkan  untuk pergi bermain sebelum pekerjaan selesai. Sedangkan pekerjaan ibu sendiri magrib baru selesai. Sudah malam mana ada teman yang mau bermain karena pada waktu itu belum ada listrik.
Kenapa pada waktu itu ibu tidak melanjutkan sekolah ?
Sebenarnya ibu ingin sekali melanjutkan sekolah seperti teman-teman ibu, tapi bagaimana lagi, keadaan ekonomi orang tua ibu  tidak mendukung, kedua orang tua ibu hanya mampu menyekolahkan ibu sampai di sekolah dasar, ibu bekerja untuk membantu kedua orang tua ibi dan menyekolahkan adik-adik ibu, diantara  saudara ibu, hanya ibu yang lulusan sekolah dasar. Tapi ibu tidak menyerah hanya karena ijazah SD, ibu pernah bekerja dipabrik sepatu, tetapi karena menikah, ibu keluar dari pabrik itu.
Apakah ibu pernah pacaran atau menyukai seseorang ?
Oalah nak, jangankan pacaran bermain saja tidak pernah, ibu ini tidak pernah pacaran ataupun suka sama lelaki, ibu ini tidak punya waktu untuk memikirkan itu. Ibu sibuk membantu orang tua, ibu gak pernah yang namanya jatuh cinta. Ibu dulu itu dijodohkan sama bapakmu, ya bapakmu itu cinta pertama ibu, makanya saat dihianati rasanya sakit, ibu tidak bisa melupakan kejadian itu.
Bagaimana ceritanya sehingga bapak bisa bekerja di makassar ?
Dulu itu sejak masih bujang bapakmu sudah merantau ikut kakanya ke makassar, setelah menikah dengan ibu, juga tetap meranatau, tapi setelah itu tidak merantau lagi. Karena tiddak ada modal, mulai dari situ ibu membuat genting dengan modal hutang ke saudara bapakmu, setelah adikmu lahir tahun 2000 bapakmu kembali merantau lagi, karena harga genting anjlok, dan pembeli berkurang. Jadi bapakmu mulai merantau lagi dari tahun 2000 sampai sekarang ini. Dan alhamdulilah tidak ada kekurangan sama sekali didalam kebutuhan keluarga.








Lampiran foto saat wawancara

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

pendidikansejarahofferingdum
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Blog Archive