Blogger Widgets
pendidikansejarahofferingdum On Selasa, 18 Maret 2014

PERANG DINGIN DI EROPA





ARTIKEL
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Sejarah Eropa
Yang dibina oleh Aditya N.Widiadi, M.Pd







Oleh
Jailani Abdul Azis (130731615738)
Nurul Iswati           (130731607251)
Two Bagus Discha V
Vendi Maradona    ( 130731615693)

   


UM Malang
 















UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN SEJARAH
Maret 2014


PERANG DINGIN DI EROPA
ABSTRAK
Perang dingin yang terjadi di eropa memiliki banyak sekali latar belakangnya dan sebab akibat terjadinya.Di mulai setelah berakhirnya Perang Dunia II sejak pembagian Jerman menjadi dua wilayah yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat. Pembagian Jerman menjadi dua ini di ikuti pula dengan pembagian kota Berlin menjadi berlin barat yang di kuasai oleh Amerika Serikat dan Berlin Timur yang di kuasai Uni soviet. Namun yang menjadi alasan mendasar terjadinya perang dingin adalah munculnya Amerika Serikat sebagai Negara pemenang di pihak sekutu (Inggris, Prancis, dan Amerika). Amerika berperan besar dalam membantu Negara-negara eropa barat untuk memperbaiki kehidupan perekonomianya. Dan Rusia ( Uni Soviet) sebagai Negara besar yang berperan membebaskan eropa bagian timur dari tangan jerman dan membangun perekonomian negara-negara eropa timur.
Kata kunci: Perang dingin, Eropa, ideologi

PENDAHULUAN
            Perang dalam kamus  bahasa Indonesia mempunyai pengertian sebagai berikut permusuhan antara dua Negara (bangsa, agama, suku dsb), pertempuran besar bersenjata antara dua pasukan atau lebih (tentara, Laskar, pemberontak, dsb)
            Perang Dingin dalam kamus bahasa Indonesia adalahperang tanpa mengangkat senjata, hanya saling menggertak, suasana internasional yg sangat tegang dan bermusuhan yg diakibatkan oleh konflik ideologi antara Blok Barat (liberal kapitalis) dan Blok Timur (sosial komunis) yg berkembang setelah Perang Dunia KeduaPeristiwa ini dinamakan Perang Dingin karena kedua belah pihak tidak pernah terlibat dalam aksi militer secara langsung, namun masing-masing pihak memiliki senjata nuklir yang dapat menyebabkan kehancuran besar.Selama perang dingin berlangsung politik internasional sangat di tentukan oleh persaingan hebat antara ideologi demokrasi-kapitalis oleh Amerika Serikat dan sosialis-komunis oleh Uni Soviet” (Susanto dan Djafar, 1990:114)


PEMBAHASAN

2.1 Berlangsungnya Perang Dingin
Istilah perang dingin diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Bernard Baruch seorang ahli keuangan Amerika.Istilah perang dingin ini digunakan untuk menggambarkan persaingan kepentingan dan pertentangan ideologis antara Amerika Serikat dan Uni soviet beserta sekutunya masing-masing.Di mulai setelah berakhirnya Perang Dunia II sejak pembagian Jerman menjadi dua wilayah yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat. Pembagian Jerman menjadi dua ini di ikuti pula dengan pembagian kota Berlin menjadi berlin barat yang di kuasai oleh Amerika Serikat dan Berlin Timur yang di kuasai Uni soviet. Pembagian ini terjadi saat di selenggarakannya konferensi Yalta pada Februari 1945 yang di tandatangani oleh Franklin D. Roosevelt, Churchill, dan Stalin.
“Selama perang dingin politik internasional sangat di tentukan oleh persaingan hebat antara ideologi demokrasi-kapitalis oleh Amerika Serikat dan sosialis-komunis oleh Uni Soviet” (Susanto dan Djafar, 1990:114).Hal ini menyebabkan memanasnya konfik yang terjadi di antara dua Blok Besar dunia yaitu Blok Barat yang merupakan sekutu Amerika Serikat dan Blok Timur sekutu dari Uni Soviet.Merasa khawatir terhadap keamanan perbatasan Rusia bagian barat Stalin berusaha melindungi diri dari serangan barat dengan menggabungkan negara-negara Eropa Timur dalam satu zona penyanggga.Dalam pendudukan Uni Soviet di Jerman Stalin ikut capur tangan dalam pembentukan pemerintahan komunis Jerman dan menjadikannya republic demokratik Jerman.
Dalam kurun waktu yang sangat singkat antara 1945-1948 Uni Soviet berhasilmenjadikan Negara-negara di Eropa Timur menjadi negara satelitnya dan membentuk pemerintahan komunis di Bulgaria, Rumania, Hongaria, Polandia, dan Cekoslovakia. “Rezim-rezim boneka menumbang kelas-kelas yang dulu mempunyai hak istimewa”(Marvin Perry, 2013:410). Seluruh perekonomian Negara-negara eropa Timur di sosialisasikan, rencana-rencana yang kurang matang dalam industrialisasi dan kolektivisasi pertanian di laksanakan.Terjadi penindasan Agama dan Gereja, bahkan kebebasan rakyat untuk berpolitisi dan bersuara di hapuskan.Sumber-sumber daya Eropa Timur di eksploitasi habis-habisan demi pembangunan Uni Soviet. Perkembangan pengaruh Uni Soviet sangat cepat dan pertumbuhannya pesat, hal ini membuat gelisah pihak blok barat terutama Amerika Serikat.
Perang dingin semakin tegang ketika Stalin memutuskan kontak antara Negara eropa timur dengan eropa barat dan Amerika Serikat. Seluruh Negara stelit Unisoviet di larang keras berhubungan dengan Negara blok barat. Negara-negara satelit perbatasan di batasi dengan kawat berduri dan di jaga dengan menara pengawas di sepanjang koridor yang beranjau.Semua partai politik di pandu oleh Moskow dan pasukan-pasukan Uni Soviet di tempatkan secara strategis di wilayah-wilayah tersebut.
Soviet melangkah lebih jauh lagi di Mediterania Timur para gerilyawan komunis di dukung oleh Negara-negara tetangga di bawah Uni Soviet yaitu Albania, Bulgaria, dan Yugoslavia.Stalin juga mengklaim Selat Konstatinopel dan memperpanjang pendudukan Uni Soviet atas Irak. Mulai merasa gelisah terhadap ancaman penerobosan Uni Soviet ke dalam Mediterania Timur dan kelemahan Inggris di wilayah itu, Presiden Harry S. Truman pada 12 Maret 1947 mencetuskan Doktin Truman yang merupakan kebijakan Amerika Serikat untuk memberikan bantuan militer dan ekonomi kepada kekuatan anti komunis di Turki dan Yunani. Tujuan mempertahankan untuk mempertahankan Yunani dan Turki dari penetrasi komunis dan menghambat jalur komunis menuju ke selatan yang akan mengancam Negara-negara barat. “Doktrin Truman adalah ciri utama kebijakan baru pengurungan yang menahan kekuasaan Soviet dalam perbatasannya yang ada pada waktu itu” (Perry, 2013:412).
Selain mengeluarkan kebijakan Doktrin Truman Amerika Serikat berusaha memperkuat Negara-negara Barat dengan memberikan bantuan ekonomi kepada negara-negara berkembang berupa Marshall Plan. Skema bantuan ekonomi ini di usulkan oleh sekretaris Negara George G. Marshall pada tahun 1947 dan di tujukan khusus kepada Eropa untuk membangun kembali kemakmuran dan stabilitas Negara-negara eropa serta bangkit dari kemiskinan dan kehancuran akibat Perang Dunia II.
Dalam hal ini Amerika Serikat beranggapan bahwa rakyat miskin merupakan lahan subur bagi komunisme karena rakyat miskin akan lebih tertarik pada cita-cita komunisme yaitu pemerataan hak milik. Disisi lain kebijakan-kebijakan Amerika Serikat itu juga di pertimbangkan dengan teori domino, yaitu jika salah satu negara jatuh dalam komunisme, negara tetangga lainnya juga akan jatuh sehingga semua negara akan jatuh ke dalam pengaruh komunis (Wahjudi Djaja :206). Untuk itu kebijakan Doktrin Truman dan Marshall Plan di lakukan oleh Amerika serikat dengan harapan Negara-negara Eropa bisa bangkit dari kemiskinan dan menjadi mitra Amerika Serikat dalam menghadapi kekuatan Uni Soviet.
Kebijakan Amerika Serikat memberi bantuan ekonomi dan kekuatan militer ini ternyata juga disertai dengan mobilisasi ideologis Amerika untuk melawan komunisme dan pemahaman baru mengenai keamanan nasional.Hasil yang dapat di petik Amerka Serikat dari langkah-langkahnya ini adalah Amerika serikat bisa mencapai kekuasaan politik besar yang bahkan belum pernah terjadi sebelumnya dalam politik Amerika Serikat. Melihat hal itu Uni Soviet tidak ingin kalah dari Amerika Serikat Negara ini berusaha menyaingi dengan membuat Molotov Plan bertujuan menata kembali perekonomian Negara-negara Eropa Timur dan badan kerja sama ekonomi Comicon.
Ketegangan Perang Dingin memuncak mulai tahun 1948 setelah para otoritas Uni Soviet memutuskan semua akses melalui darat ke sector-sektor barat kota Berlin. Uni Soviet bermaksud membuat separuh kota itu menjadi kelaparan dan menderita hingga menyerah menerima komunisme. Melihat hal ini Amerika Serikat tidak diam begitu saja, Amerika inggris dan Prancis mengeluarkan kebijakan Berlin Airlift yaitu penyelamatan kota Berlin Barat dengan jalan memberikan bantuan makanan, perlengkapan dan bahan energy yang di kirim melalui udara.
Namun ancaman untuk Amerika Serikat tidak hanya itu saja, perluasan Perang Dingin keluar Eropa menimbulkan masalah baru.Tahun 1949 para komunis Cina di bawah Mao Zedong memperoleh kemenagan atas negara-negara kapitalis di Asia, hal ini lebih mengancam Amerika Serikat dari pada masalah Berlin.Kini raksasa komunis lainnya telah bergabung dengan Uni Soviet.Di samping itu yang lebih mengggelisahkan Amerika adalah Uni Soviet mulai selangkah lebih cepat dengan meledakkan bom atomnya yang pertama.Tentu saja hal ini menyurutkan citra Amerika Serikat atas senjata yang maha kuat yang selama ini menjadi modal rasa percaya dirinya.Amerika merasa perlu untuk berlomba dengan Uni Soviet di bidag persenjataan Nuklir.

Pertumbuhan Sistem Aliansi Militer
Ketika perang dingin memuncak persaingan senjata semakin maju dan berkembang, itu semua membuat Negara-negara yang bertentangan terus mengembangkan presenjataannya.Dengan adanya senjata nuklir yang di kembangkan secara pesat oleh kedua Negara adidaya. Hal ini embuat masyarakat dunia takut akan kemungkinan terjadiya perang nuklir. Pihak-pihak yang bertentangan baik Blok Barat maupun Blok Timur berusaha memperkuat diri masing-masing dengan membentuk pakta pertahanan aliansi militer.
Untuk membendung ekspansi komunisme ke arah barat Amerika serikat dan negara-negara Eropa Barat membentuk Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) pada 4 April 1949. NATO beranggotakan Amerika Serikat, Kanada, Portugal, Norwegia, Islandia, Denmark, Italia, Inggris, Prancis, dan Benelux (Belgia, Netherland, dan Luxembourg) menyusul Yunani dan Turki masuk, Jerman Barat pada tahun1955 dan Spanyol pada tahun1982. Tujuan NATO adalah mendukung stabilitas politik dan membendung perluasan komunisme di Eropa Barat.markas NATO pada awalnya berada di Paris akan tetapi setelah Prancis keluar dari NATO markasnya pindah ke Brussel. Prancis keluar dari NATO karena menganggap NATO di dominasi oleh Amerika Serikat, meskipun Pranci bukan Blok Timur namun hubungan Prancis dengan Uni Soviet dan RRC jauh lebih baik ketimbang hubungan Prancis dengan Negara-negara barat.
Pembentukan NATO memancing Blok Timur untuk mendirikan aliansi militer juga.Uni Soviet membentuk Pakta Warsawa atau Warsaw Treaty Organization (WTO) pada 14 Mei 1955. Di bawah kepemimpinan Uni Soviet Pakta Warsawa beranggotakan Jerman Timur, Polandia, Bulgaria, Cekoslovakia, Hongaria, Rumania, dan Albania. “Tujuan  dari pendirian Pakta Warsawa untuk menangkal dampak dari pembangunan instalasi senjata di Jerman Barat, yang berafiliasi langsung dengan NATO” (Susano dan Djfar, 1990:116).
Selain itu di Asia Tenggara Blok Barat membentuk lagi aliansi militer bernam South East Asia Treaty Organization (SEATO) pada tahun 1954.Walaupun SEATO merupakan pakta pertahanan Negara-negara Asia Tenggara dengan Blok Barat dalam menghadapi komunisme di Asia Tenggara terutama Vietnam.Seato beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Filipina, Singapura, Australia, Selandia Baru dan New Zealand. Seato di bubarkan tahun 1975 karena Uni Soviet memberikan bantuan peralatan persenjataan dan teknisi kepada Vitnam dan berhasil mendesak Amerika Serikat.

2.2 Penyebab terjadinya perang dingin
          Latar belakang penyebab terjadinya Perang Dingin adalah munculnya Amerika Serikat sebagai negara pemenang di pihak sekutu.Amerika mempunyai peran yang sangat besar dalam membantu negara-negara eropa barat untuk memperbaiki kehidupan perekonomiannya.
          Sedangkan Rusia(Uni Soviet) muncul sebagai negara besar yang membebaskan negara-negara di Eropa bagian timur dari tangan Jerman dan membangun kembali perekonomian negara-negara Eropa timur. Negara-negara Eropa timur seperti Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania, Polandia, dan Cekoslovakia adalah negara-negara yang termasuk dalam pemerintahan komunis Uni Soviet, karena Uni Soviet meluaskan pengaruhnya dalam mensponsori terjadinya perebutan-perebutan kekuasaan di negara-negara tersebut.
          Selain itu Munculnya negara-negara yang baru merdeka setelah Perang Dunia II di luar wilayah Eropa.Dampaknya muncul 2 kelompok negara di dunia yaitu negara-negara maju dengan negara-negara berkembang, yang memberikan pengaruh bagi perkembangan politik dan ekonomi dunia.
          Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Perang Dingin antara lain: Penyebaran ideologi, keinginan untuk berkuasa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dan berdirinya pakta pertahanan.

A.      Penyebaran Ideologi
Sebagai pemenang dari Perang Dunia II, Amerika Serikat dan Uni Soviet memiliki  paham atau ideologi yang berbeda Amerika Serikat memiliki ideologi liberal-kapitalis sedangkan Uni Soviet memiliki ideologi komunis. Paham liberalis-kapitalis yang dianut oleh Amerika Serikat mengagungkan kebebasan individu yang memungkinkan kapitalisme berkembang dengan subur. Hal itu bertentangan dengan paham sosialis-komunis yang mempunyai keyakinan bahwa paham komunis lebih mempercepat kesejahteraan buruh maupun rakyatnya karena negara yang mengendalikan perusahaan akan memanfaatkan keuntungannya untuk rakyat.

B.       Keinginan untuk berkuasa
Amerika Serikat dan Uni Soviet mempunyai keinginan untuk menjadi penguasa yang di Dunia dengan cara-cara yang baru.Amerika sebagai negara kreditor besar membantu negara-negara yang sedang berkembang berupa pinjaman modal untuk pembangunan.Amerika mempunyai harapan bahwa rakyat yang makmur hidupnya dapatmenjadi tempat pemasaran hasil industrinya dan dapat menjauhkan dari pengaruh sosialis-komunis.Masyarakat miskin merupakan lahan yang subur bagi paham sosialis-komunis. Sedangkan Uni Soviet yang perekonomiannya mulai kuat juga tidak mau kalah membantu perjuangan nasional berupa bantuan senjata  tenaga ahli. Hal ini dilakukan untuk mempengaruhi negara-negara tersebut.

C.       Berdirinya pakta pertahanan
Amerika Serikat mendirikan pakta pertahanan yang dikenal dengan nama NATO (North Atlantic Treaty Organization) atau organisasi pertahanan Atlantik Utara, guna mengatasi berbagai perbedaan yang ada dan kepentingan untuk dapat menguasai negara-negara Eropa barat. Sementara itu untuk mengimbagi NATO pada tahun 1955 Uni Soviet mendirikan pakta pertahanan yaitu Pakta Warsawa. Anggota Pakta Warsawa antara lain: Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslovakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania.
Dengan berdirinya kedua pakta tersebut menyebabkan muncul rasa saling curiga, ketidakpercayaan, dan kesalahpahaman antara kedua Blok baik Blok barat maupun Blok timur.Amerika dituduh menjalankan politik imperialis untuk mempengaruhi dunia sementara Uni Soviet dianggap melakukan perluasan hegemoni atas negara-negara demokrasi melalui ideologi komunisme.
Keadaan tersebut memicu ketegangan kian memuncak sehingga muncullah persaingan senjata diantara kedua belah pihak.Masing-masing pihak saling diliputi oleh suasana Perang Dingin yang bahkan mengarah pada terjadinya Perang Dunia III.

2.3 Dampak perang dingin di eropa
Dampak perang dingin antara Amerika serikat dan Uni Soviet membawa dampak yang sangat berpengaruh bagi dunia, dampak tersebut terlihat dalam bidang-bidang berikut ini.
A . Dampak di bidang politik
“Amerika serikat berusaha menjadikan Negara-negara yang sedang berkembang menjadi Negara demokrasi agar hak asasi manusia dapat dijamin”(Djaja wahyudi, 2012:209). Bagi Negara-negara yang sebelumnya kalah seperti jerman dan jepang berkembang pula kapitalisme selain demokrasi.Negara- Negara tersebut dapat sehaluan dengan amerika dan merupakan Negara pengaruhnya.
Uni soviet dengan paham sosialis-komunis mendengungkan  pembangunan Negara dengan rencana lima tahun. Cara tersebut dilakukan dengan ditaktor bukan liberal. Demi kepentingan politik, ekonomi, dan militer kedua Negara adikuasa tersebut menjalankan politik pecah belah sehingga beberapa Negara menjadi terpecah seperti korea, Vietnam, dan jerman. Dampak dalam bidang politik dapat kita lihat dari dibangunnya tembok berlin di Jerman sebagai batas antara Jerman Barat dan Jerman Timur.Dalam perang dunia kedua negara ini memang sudah terbagi menjadi 2, yaitu Jerman Baran yang beribukota di Bonn dan Jerman Timur yang beribukota di Berlin.Negara ini mengalami perpecahan karena adanya 2 paham yang berbeda berlaku di negara ini, yaitu liberal yang dianut jerman barat dan Komunis yang dianut jerman timur.
Dalam perjalanan pemerintahannya, Jerman barat mengalami perkembangan yang jauh lebih pesat daripada Jerman timur.Oleh sebab itu, banyak orang Jerman timur yang memutuskan untuk hijrah ke Jerman barat.Namun karena saat itu terjadi perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet, Uni soviet merasa tersinggung dengan adanya orang-orang pindah ke Jerman Barat. Kerena itu Uni soviet mendanai dan mendukung untuk membangun sebuah tembok yang berada di kota berlin yang menyebabkan terbelahnya kota itu. Selain itu di tembok ini, uni soviet juga menyiagakan tentaranya agar menembaki orang-orang yang masih berani untuk menyebrang.Kemudian tembok ini sangat dikenal orang sebagai simbol bagi perang dingin.
B . Bidang ekonomi
Dengan adanya perang dingin ini  maka berbagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan  antara eropa barat dan eropa timur tidak dapat terjalin. Kegiatan tersebut terhambat karena Negara-negara eropa merasa kawatir jika suatu saat wilayahnya akan dijadikan sasaran adu kekuatan  oleh kedua Negara adi kuasa tersebut. Dampaknya perekonomian antara blok barat  (Negara-negara eropa barat) dan blok timur (Negara-negara eropa timur) tidak seimbang. Negara-negara blok barat jauh lebih maju dari blok timur.
Perang dingin juga  membawa dampak positif pada perekonomian dunia. Baik itu di sengaja ataupun tidak di sengaja. Hal ini di tandai dengan munculnya Negara super power .dengan  adanya Negara super power, perekonomian dikuasai dunia dikuasai oleh  para pemegang modal.
C . Bidang militer
Negara-negara barat membentuk North AtlanticTreaty Organization (NATO)pada 1949 sebagai suatu organisasi pertahanan. Apabila salah satu anggotanya diserang , serangan tersebut dianggap sebagai serangan terhadap nato.
Sementara uni soviet dengan Negara-negara blok timur membentuk pakta warsawa (1955) atas dasar ‘pact of mutual assictance and unified command’. Di asia tenggara uni soviet memberikan bantuan peralatan militer dan teknisi kepada Vietnam yang ahirnya dapat mendesak amerika seikat keluar dari Negara tersebut (1975).

D . Bidang ruang angkasa
Selama Perang Dingin berlangsung perkembangan IPTEK maju pesat karena kedua Negara adidaya ini banyak melakukan pengembangan dan mempunyai hasil yang sangat bagus terutama masalah eksplorasi luar angkasa. “kedua Negara yang bersengketa saling berlomba menunjukan kepada dunia bahwa Negara mereka yang paling baik dengan cara menyebarkan doktrin-doktrin yang mereka miliki”(Djaja wahyudi, 2012:213). perang dingin juga berdampak pada perkembangan ilmu pengetahuan keruangangkasaan. Uni soviet meluncurkan pesawat sputink I dan sputnik II, kemudian amerika meluncurkan  pesawat explorer I dan explorer II
E . Teknologi
Pada masa perang dingin sains dan teknologi yang terpaut dengan kegiatan militer mendapat sorotan yang lebih dari pemerintah. Pemerintah bersedia mengeluarkan dana yang besar demi kemajuan iptek di negara mereka.
Pada periode ini tumbuh disiplin-disiplin ilmu yang mempelajari dampak sains pada masyarakat.Di negara-negara maju, teknologi di era modern bukan lagi urusan individu atau komunitas berskala kecil.Teknologi modern mempunyai tujuan-tujuan nasional pada wilayah ideologi, militer, ataupun ekonomi dan bentuk kesadaran nasional untuk menggali sumber-sumber alam yang ada.Ini juga bertujuan untuk mewujudkan produksi barang dengan skala yang besar.















KESIMPULAN

Istilah perang dingin diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Bernard Baruch seorang ahli keuangan Amerika.Istilah perang dingin ini digunakan untuk menggambarkan persaingan kepentingan dan pertentangan ideologis antara Amerika Serikat dan Uni soviet beserta sekutunya masing-masing.Di mulai setelah berakhirnya Perang Dunia II sejak pembagian Jerman menjadi dua wilayah yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat. Pembagian Jerman menjadi dua ini di ikuti pula dengan pembagian kota Berlin menjadi berlin barat yang di kuasai oleh Amerika Serikat dan Berlin Timur yang di kuasai Uni soviet.Hal ini menyebabkan memanasnya konfik yang terjadi di antara dua Blok Besar dunia yaitu Blok Barat yang merupakan sekutu Amerika Serikat dan Blok Timur sekutu dari Uni Soviet.
Dalam kurun waktu yang sangat singkat antara 1945-1948 Uni Soviet berhasilmenjadikan Negara-negara di Eropa Timur menjadi negara satelitnya dan membentuk pemerintahan komunis di Bulgaria, Rumania, Hongaria, Polandia, dan Cekoslovakia.Uni Soviet terus meluaskan pengaruh komunisnya di Eropa Timur. Perkembangan pengaruh Uni Soviet sangat cepat dan pertumbuhannya pesat, hal ini membuat gelisah pihak blok barat terutama Amerika Serikat. Untuk menahan perluasan pengaru komunis di Eropa yang ingin menerobos ke barat, Amerika serikat berusaha membuat kebijakan-kebijakan untuk membantu Negara-negara Eropa Barat bangkit dari keterpurukan akibat Perang Dunia II dengan mengeluarkan Doktrine Truman dan Marshall Plan. Tujuan dari kebijakan-kebijakan itu tidak lain adalah untuk membantu Negara-negara barat bangkit dari kemiskinan dan bisa menjadi mitra dari Amerika Serikat dalam mengahadapi komunisme.
Ketika perang dingin semakin memuncak perkembangan teknologi persenjataan semakin maju terutama dalam bidang persenjataan nuklir. Hal ini memancing perlombaan keanggihan senjata di antara kedua blok yang bertentangan yaitu Blok Barat yang di prakarsai Amerika Serikat dan Blok Timur yang di pimpin oleh Uni Soviet. Akibatnya munculah sistem aliansi-aliansei dari masing-masing blok yang bertentangan. Dari pihak blok barat di bentuk Organisasi perjanjian Atlantik Utara (NATO). Tujuan NATO adalah mendukung stabilitas politik dan membendung perluasan komunisme di Eropa Barat.Pembentukan NATO memancing Blok Timur untuk mendirikan aliansi militer juga.Uni Soviet membentuk Pakta Warsawa atau Warsaw Treaty Organization (WTO). Di bidang lain perang dingin juga berdampak terhadap pembentukan negara-negara komunis dan liberalism.


























Daftar Rujukan

Djaja, Wahjudi. 2012. Sejarah Eropa (Dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern). Yogyakarta: Penerbit Ombak
Perry, Marvin. 2013. Peradaban Barat Dari Revolusi Prancis Hingga Zaman Global. Bantul: Kreasi Wacana
Susanto, Dwi dan Zainudin Djafar. 1990. Perubahanpolotik di Negara-negara Eropa Timur. Jakarta: Gramedia Pustaka Ustam













11 Comment

  1. Unknown says:

    ardhaniswara/130731607255
    jelaskan dampak yang ditimbulkan akibat perang dingin bagi Indonesia?

  2. Unknown says:

    Assalamualaikum.wr.wb
    saya mau nanya.,
    bagaimana Uni soviet memperbaiki keadaan di negaranya sehingga menjadi negara adidaya yang memimpin blok pakta warsawa?
    terima kasih !
    wassalamualaikum.wr.wb

  3. Fatkhur Roji : 130731607258

    Mengapa Amerika Serikat dan Uni Soviet lebih memanfaatkan bidang ruang angkasa dari pada di daratan sebagai ajang unjuk kekuatan perang dingin? Jelaskan! Trims.

  4. Unknown says:

    mengapa , Jerman barat mengalami perkembangan yang jauh lebih pesat daripada Jerman timur ? .

  5. Anonim says:

    Ana Nur R S (130731615736)
    rusia (uni soviet) dan amerika sampai sekarang ini masih memiliki hub. yang "dingin", dikarenakan ideologi mereka yang berbeda (antara komunis dan demokratis) dan perlombaan senjata (nuklir / rudal, dll) dan faktor ekonomi.
    seperti artikel yang sya baca: http://www.lensaindonesia.com/2014/03/17/rusia-vs-amerika-serikat-1-0-dalam-perebutan-ukraina.html & http://www.lensaindonesia.com/2014/03/04/amerika-serikat-rusia-saling-ancam-penghancuran-ekonomi.html
    lalu, yg sya tanyakan : jika ada 'konflik kecil/besar' seperti itu secara terus menerus terjadi antara rusia dan amerika dalam hal itu mungkinkah perang dingin pecah lagi atau bahkan perang dg senjata senjata besar akan terjadi lagi?

  6. saya akan menjawab pertanyaan dari ardhaniswara
    menurut kelompok kami dampak perang dingin bagi indonesia adalah
    Terjadinya pemberontakan G30S/PKI.
    Pada masa orde baru Indonesia mengalami kebangkrutan, oleh sebab itu politik luar negeri Indonesia lebih condong ke Negara blok barat, agar bias mendapatkan pinjaman dana untuk memperbaiki ekonomi Indonesia, dengan pinjaman tersebut secara tdk langsung Indonesia di pengaruhi blok barat.
    Indonesia melakukan perbaikan ekonomi dalam bentuk pembangunan atau disebut dngn rencana pembangunan lima tahun dengan bantuan dari neraga blok barat.

  7. saya akan menjawab pertanyaan dari abdul muiz
    pada ahir 1948, negeri-negeri di eropa timur telah menjadi satelit soviet, rezim-rezim boneka menumbangkan kelas-kelas yang dulu mempunyai hak istimewa. ekonomi di sosialiskan, dan rencana yang terburu-buru dilaksanakan untuk industrialisasi dan kolektivitas pertanian, agama dan gereja ditindas, kemerdekaan politis dan kebebasan berbicara dipadamkan. "massa proletarian hanya mendapat segelintir manfaat dari revolusi yang di buat-buat yang di rekayasa dari moskow karena stalin mengeringkan sumber daya eropa timur demi pembangunan kembali uni soviet

  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  9. Trias says:

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Nama : Trias Ulul Himmah
    NIM : 130171616743
    pertanyaan dari saya mungkin simple ya, kenapa perang ini itu dinamakan Perang Dingin? karena dari penjelasan kelompok ini mencakup tentang ideologi, kekuasaan tanpa ada gencatan senjata. kenapa tidak dinamakan Perang ideologi, Perang alat-alat senjata saja, atau Perang Diam?
    terima kasih :)

  10. saya akan menjawab pertanyaan dari fathur roji
    amerika dan uni soviet merasa bahwa dunia ini terlalu sempit untuk di perebutkan
    maka dari itu amerika serikat dan uni soviet saling berebut untuk menguasai luar angkasa.
    untuk meningkatkan gengsi dari negara mereka, maka amerika serikat dan uni soviet
    berlomba untuk meluncurkan roket ke luar angkasa

  11. Unknown says:

    Terima-kasih. Diskusi ditutup.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

pendidikansejarahofferingdum
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info